Pertimbangkan Hal Berikut sebelum Membeli dari Toko Jual Mainan Bayi

Arloji Wanita – Setiap orang tua pasti akan selalu berusaha untuk membuat anak mereka bahagia. Salah satunya adalah dengan membelikan mainan, bahkan sejak saat anak – anak mereka masih bayi. Sebenarnya, membelikan mainan bayi untuk anak Anda bukanlah sebuah kesalahan. Terlebih jika mainan tersebut merupakan mainan yang tepat serta didesain khusus sesuai dengan usia anak. Namun, orang tua juga harus lebih jeli saat memilih di tokok yang jual mainan bayi. Tidak hanya harus berdesain tepat sesuai usia, tapi berbagai jenis mainan bayi tersebut juga harus dibuat dari bahan – bahan yang aman.

Waspada Terhadap Mainan Berbahaya

Semua orang tua seharusnya lebih waspada saat memilih mainan untuk anak saat ini. Karena ternyata, ada banyak sekali mainan anak yang beredar di pasaran yang terbuat dari bahan – bahan yang mengandung zat kimia berbahaya. Akibatnya, anak – anak yang bermain dengan mainan tersebut beresiko mengalami gangguan tumbuh kembang atau mengidap penyakit berbahaya setelah jangka waktu tertentu. Di sisi lain, mainan yang tidak dipilihkan sesuai dengan kategori umur juga akan memiliki resiko tersedak bagi bayi dan balita.

Itulah mengapa pengawasan terhadap jenis mainan bayi dan anak harus dilakukan oleh lebih banyak pihak. Indonesia mungkin perlu mendirikan sebuah badan khusus seperti di negara – negara Eropa dan Amerika yang mengawasi peredaran mainan anak. Sehingga setiap mainan yang ada di toko yang jual mainan bayi dan anak dapat diketahui bahan – bahan pembuatannya serta dari mana asalnya. Dengan begitu, keamanannya bisa lebih terjamin.

Image result for baby playing

Memilih Mainan Bayi yang Tepat

Untuk anak usia bayi (6 bulan hingga 1 tahun), mainan yang dipilih seharusnya tidak hanya membuatnya senang sambil meningkatkan kemampuan fisik, mental, sosial serta emosional, tapi juga yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir. Pilih mainan yang bisa membantu si bayi bereksplorasi dan mengembangkan panca inderanya. Contoh mainan yang tepat untuk bayi adalah sebagai berikut;

  • Papan aktivitas dengan berbagai permainan. Mainan ini menarik perhatian bayi untuk membuka, memutar, menjatuhkan, menutup, meremas dan menggetarkan. Mainan semacam ini bisa mendukung koordinasi fungsi sensorik dan tangan bayi.
  • Peralatan rumah tangga seperti sendok kayu, mangkok dan cangkir plastik, dan perlengkapan lain yang aman dan memiliki warna menarik.
  • Buku yang terbuat dari bahan kain atau kertas tebal merupakan mainan tepat untuk baik. Si kecil akan merasa senang saat Anda mengajaknya membaca bersama dan mainan ini juga akan mendukung keterampilan berbahasanya. Pastikan buku yang dipilih tidak mudah sobek karena beresiko tertelan dan mengakibatkan bayi tersedak
  • Balok atau kayu untuk si bayi bermain sambil belajar menyusun, menjatuhkan, atau menumpahkannya dari wadah. Bayi akan bermain dengan menyusun balok sesuai dengan imajinasinya.

Dengan mengetahui ciri dan contoh mainan yang tepat untuk si kecil, tentunya Anda tidak akan bingung saat memilih di toko yang jual mainan bayi dan anak nantinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*